Jalin Sinergi, Fasilkom UNEJ dan UPN Veteran Yogyakarta Temu Kaji Akademika

·

·

Binaryupdate.org – Jumat, (23/02/2024), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (Fasilkom UNEJ) melakukan sebuah pertemuan penuh antusiasme dengan Fakultas Teknik Industri UPN Veteran Yogyakarta. Pertemuan ini digelar untuk menjelajahi perbedaan akademika dan juga potensi kolaborasi antara keduanya. Bertempat di Ruang Internasional dengan dihadiri perwakilan dari masing-masing universitas. 

Prof. Drs. Antonius Cahya Prihandoko, M.App.Sc, Ph.D, dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (Fasilkom UNEJ) turut memberikan sambutan yang hangat dan sangat bermakna pada kesempatan tersebut. Dalam sambutannya, Prof Antonius menyoroti tujuan diskusi hari itu, yang mencakup pemahaman mendalam tentang potensi yang dimiliki oleh kedua fakultas serta bagaimana mereka dapat saling mendukung. Disusul oleh Pak Novindo selaku perwakilan dari UPN Veteran Yogyakarta yang menyampaikan harapannya untuk evaluasi dan perbaikan kinerja keduanya melalui sharing-sharing kali ini. Beliau juga memberikan kesan positif tentang kegiatan senat akademik Fasilkom Universitas Jember, menekankan pentingnya kolaborasi antar lembaga dalam memajukan pendidikan dan penelitian.

Kegiatan bergeser pada pemahaman tentang Fasilkom Universitas Jember, termasuk latar belakang, visi misi, serta berbagai kegiatan dan acara yang telah mereka laksanakan. Selanjutnya, puncak acara dimulai, yaitu diskusi antara kedua belah pihak. Diskusi antara kedua pihak terjadi dalam suasana yang hangat. Tim dari UPN Veteran Yogyakarta mengajukan serangkaian pertanyaan yang dijawab dengan jelas oleh Prof. Antonius. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah terkait dengan struktur senat akademik serta mekanisme kerja pembagian fungsi. Prof. Antonius menjelaskan bahwa kehadiran senat di sana diikuti dengan anggaran yang mengikuti fakultas, sementara wakil dosen senat bertindak sebagai ketua lab di Fasilkom. 

“Bentuknya disini senat akademik atau apa dan mekanisme kerja pembagian fungsi bagaimana pak?”. Tanyanya. 

Kemudian dijawab oleh Pak Antonius, “Yang hadir di sini merupakan senat, dan anggaran mengikuti fakultas. Wakil dosen senat merupakan ketua lab Fasilkom”. 

Perbedaan sistem skripsi juga menjadi perhatian dalam diskusi. Universitas Jember menerapkan dua dosen pembimbing bagi setiap mahasiswa, sementara UPN Veteran Yogyakarta mengadopsi mahasiswa hanya dibekali dengan seorang dosen pembimbing yang bertujuan untuk mempercepat waktu skripsi. Respons antusias dari mahasiswa Universitas Jember terhadap sistem skripsi UPN Yogyakarta menambah dinamika dalam diskusi tersebut. Selain itu, kebijakan pemanggilan mahasiswa yang belum menyelesaikan skripsinya setelah tujuh tahun menjadi topik menarik dalam pembahasan. 

“Terkait dengan pengujian skripsi yang kami lakukan disini, mengecek menggunakan NIM mahasiswa di sini yang sudah berkuliah selama 7 tahun, namun belum memulai proses skripsi. Jadi kami memanggil mereka yang sudah hampir terkena deadline 7 tahun itu”, ucap Prof. Antonius.

Di akhir, Bapak Fahrobby selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember, mengumumkan rencana lomba antar fakultas yang tidak hanya menekankan aspek akademis, tetapi juga non-akademis, menandai semangat kerjasama dalam bidang kemahasiswaan.

“Rencananya akan ada lomba bersama antar fakultas, tidak hanya akademik tapi non akademik. sangat terbuka bekerjasama di bidang kemahasiswaan.” Ucapnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata sebagai tanda persahabatan antara kedua institusi. Saling berjabat tangan dan berfoto bersama, pak Novido perwakilan UPN Veteran Yogyakarta dan Prof. Antonius mewakili Fasilkom Universitas Jember, sementara UPN Veteran Yogyakarta juga turut memberikan cenderamata sebagai bentuk penghormatan terhadap kerjasama yang terjalin. Pertemuan Tersebut bukan hanya sebuah langkah menuju kerjasama yang lebih erat antar universitas, tetapi juga sebagai momentum untuk memperdalam pemahaman akan potensi kolaborasi di bidang pendidikan dan penelitian.

Tim Penerbitan

Unit Kegiatan Mahasiswa – Pers BINARY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya