FASILKOM UNEJ Gelar Sosialisasi PEKSIMINAS 2024, Siap Jaring Talenta Seni Terbaik

Peksiminas 2024

·

·

Binaryupdate.org – Minggu (25/02/2024), Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember (Fasilkom UNEJ) telah menggelar sosialisasi Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) melalui platform Zoom Meeting pada hari Jumat (23/02/2024). Pada sosialisasi ini menghadirkan Dr. Drs. A.G. Sudibyo, pemerhati dan pelaku seni, sebagai narasumber.

Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni. Ajang perlombaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan tahun 2024 ini PEKSIMINAS akan diselenggarakan oleh badan pembina talenta Indonesia (BPTI) dengan menunjuk Perguruan Tinggi/ Badan Pembina Seni Mahasiswa (BPSMI) DAERAH sebagai penyelenggara. 

“Rencana tahun ini akan diadakan di Jakarta, dengan tuan rumah Universitas Negeri Jakarta.” ujar Dr. Drs. A.G. Sudibyo

Peserta PEKSIMINAS adalah mahasiswa aktif berusia maksimal 25 tahun yang telah melalui seleksi ketat di tingkat daerah (PEKSIMIDA). Para peserta dapat didampingi oleh official, baik dosen maupun mahasiswa.

Terdapat 15 kategori lomba yang ada di ajang perlombaan ini, mulai dari tari, puisi, monolog, hingga fotografi. Salah satu lomba yang menarik perhatian adalah lomba cerpen, di mana peserta akan mengerjakan cerpen secara langsung dalam waktu 3 jam. Juri profesional akan menilai hasil karya para peserta untuk menentukan pemenangnya.

Dalam menentukan juara umum, jika terjadi nilai yang sama, maka penentuan juara akan berdasarkan nilai tertinggi dari tangkai lomba tari. Jika nilai masih sama, maka nilai tertinggi dari tangkai lomba vocal grup akan menjadi penentu.

Universitas Jember akan menggelar serangkaian seleksi untuk menjaring talenta terbaik dalam bidang seni guna mewakili UNEJ di ajang PEKSIMINAS 2024. Dimulai dari sosialisasi, seleksi tingkat fakultas, universitas, PEKSIMIDA tingkat provinsi, hingga akhirnya menuju puncak PEKSIMINAS tingkat nasional. Tahapan ini dirancang untuk menemukan talenta seni terbaik dan memberikan mereka kesempatan untuk berkembang dan menunjukkan kemampuan mereka di kancah nasional.

Melalui penyelenggaraan sosialisasi PEKSIMINAS 2024 ini, diharapkan kedepannya bisa menarik perhatian mahasiswa terutama mahasiswa Fasilkom UNEJ yang tertarik di bidang seni untuk mengukir prestasi gemilang di kancah nasional. 

 

Tim Penerbitan

Unit Kegiatan Mahasiswa – Pers BINARY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya