MEMBANGGAKAN!!! TEAM ARA Fasilkom UNEJ Raih Juara 3 ICF 2024!

·

·

,

Binaryupdate.org – Senin (11/03/2024), Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Jember (UNEJ). Kali ini, TEAM ARA yang beranggotakan Khisan Afif, Rama Maulana, dan Toriq Caesar Ave Sena, berhasil membawa pulang Juara 3 dalam Informatics Competition and Festival (ICF) 2024 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika UPN Veteran Jatim.

TEAM ARA bersaing dengan puluhan tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang UI/UX. Mereka berhasil memukau juri dengan ide kreatif dan inovatif mereka dalam merancang sebuah aplikasi yang user-friendly dan bermanfaat bagi masyarakat.

Perlombaan Informatics Competition and Festival (ICF) merupakan perlombaan tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPN Jatim). Dalam pelaksanaanya, terdapat beberapa babak yang harus dilaklui untuk memasuki tahap final. Peserta akan menghadapi babak penyisihan untuk seleksi proposal kemudian akan diambil 10 Tim terbaik untuk dilombakan ke tahap final.

Afif, salah satu anggota tim, menuturkan bahwa proses pengerjaan lomba tidaklah mudah. TEAM ARA harus bekerja keras dan kreatif untuk menghasilkan karya terbaik mereka. Mereka mengerjakan proposal dengan saling membantu sama lain dan juga sering meminta pendapat serta saran dari dosen pembimbing yang mendampingi tim mereka.

“Untuk pengerjaan lomba itu udah ada bagian masing masing, jadi ya jika ada bagian yang blm selesai nanti bisa saling backup. Buat pengerjaannya itu kami itu kumpul di cafe untuk mengerjakan. Dan jika ada yang bingung juga bisa langsung diskusi atau melalui google meet. Lalu juga komunikasi dengan Dosen Pembimbing untuk membimbing dan memberi banyak saran perbaikan saat pengerjaan. ” Tutur Afif

TEAM ARA tidak sendirian dalam meraih prestasi ini, mereka banyak mendapat dukungan dari teman dan juga dosen pembimbing mereka yakni bapak Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI.

“Penilaian Pak Robby sangat detail dan beliau selalu memberi saran untuk keperluan perlombaan,” ujar Afif. “Beliau juga membuka wawasan kami lebih lanjut tentang UI/UX.”

Dengan prestasi yang didapatkan Team ARA tentu diharapkan bisa membangkitkan semangat mahasiswa Fasilkom UNEJ untuk berprestasi kedepannya. Terakhir, Afif salah satu anggota TEAM ARA, membagikan beberapa tips dan trik dalam mengikuti perlombaan.

Pertama, sesuaikan keahlian anggota tim dengan jenis lomba yang diikuti. Hal ini akan memudahkan tim dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas dengan optimal.

Kedua, temukan solusi tepat untuk permasalahan aktual. Saat menentukan ide, fokuslah pada permasalahan yang sering terjadi di masyarakat saat ini. Temukan solusi terbaik dan inovatif untuk permasalahan tersebut.

Ketiga, kolaborasi dengan dosen pembimbing yang tepat. Dosen pembimbing yang memiliki bidang keahlian yang sesuai dengan tim dapat memberikan arahan dan masukan yang bagus. Hal ini akan membantu tim dalam mengembangkan ide dan meningkatkan kualitas karya mereka.

 

Tim Penerbitan

UKM-Pers BINARY 2023/2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya