5 Cara Sederhana Peringati Hari Bumi Sedunia

Ilustrasi (Sumber : cdn2.tstatic.net)

Seluruh warga dunia memperingati Hari Bumi Sedunia pada Rabu (22/04). Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Bumi ini.


Pada dasarnya Hari Bumi adalah hari peringatan terhadap bumi. Tujuannya adalah mendukung dan meningkatkan kesadaran warga dunia terhadap pertingnya upaya perlindungan lingkungan.


Berawal dari sebuah gerakan nasional di Amerika Serikat pada 1970, Hari Bumi diperingati dengan berbagai kegiatan bernapaskan kecintaan terhadap alam di 193 negara.


Biasanya warga di berbagai negara membuat aksi peduli lingkungan, diantaranya dengan menanam pohon, menghemat pemakaian air bersih, mengirit energi listrik, dan lainnya.


Kali ini, binaryupdate.org telah merangkum cara sederhana yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Bumi dari laman awakeningwillow.com

  1. Jangan Beli Barang Terlalu Banyak

    Sampah yang dihasilkan manusia dalam sehari jumlahnya sangat banyak, mulai dari plastik atau kertas pembungkus, sepotong kayu atau styrofoam, hingga barang-barang bekas lainnya.
    Sampah yang menumpuk tersebut berasal dari barang-barang yang telah dibeli. Maka pertimbangkan matang-matang sebelum berbelanja, belilah barang secukupnya.
  2. Hindari Benda Sekali Pakai

    Benda memiliki jangka waktu tertentu, seperti cangkir kopi dan pembungkusnya di cafe bahkan hanya digunakan selama 15 menit atau lebih sedikit, selanjutnya benda tersebut dibuang. Apabila sering menggunakan barang sekali pakai dalam setiap hari, carilah benda lain dapat digunakan kembali.
  3. Matikan Komputer saat Malam Hari

    Mematikan komputer dan barang-barang elektronik lainnya pada malam hari tidak akan merusaknya dan justru akan menghemat energi, bahkan menurunkan tagihan listrik.
  4. Beli dan Gunakan Tas Belanja yang Dapat Digunakan Kembali

    Tas belanja mudah ditemukan, apalagi bentuknya semakin praktis karena dapat dilipat dan mudah disimpan. Selalu bawalah tas belanja saat hendak berbelanja, agar saat berbelanja tidak perlu menggunakan plastik dari toko.
  5. Gunakan Plastik Sebagai Kantong Sampah

    Meski telah menggunakan tas belanja yang ‘reusable’, manusia masih tidak bisa lepas sepenuhnya dari plastik. Apabila masih mendapatkan plastik, lebih baik gunakan kembali sebagai wadah sampah di rumah.
    Sehingga tidak perlu membeli kantong sampah lagi.

Selain 5 cara sederhana tersebut, masih banyak hal yang dapat dilakukan upaya perlingdungan lingkungan dalam memperingati Hari Bumi.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password