PEMUGARAN SEMANGGI

Jembatan Semanggi, Jember (binaryupdate / Lidya Adela Putri)

Jembatan Semanggi merupakan fasilitas publik yang cukup penting untuk transportasi di kabupaten Jember. Mengutip data dari berita jatim.com Jembatan yang terbentang di atas sungai Bedadung ini dibangun pada tahun 1980-an dan diperbarui tahun 1990-an.


Setelah berjalan hampir tiga dekade, ada pembongkaran lagi. Tapi bukan pada konstruksi, melainkan penambahan hiasan di atasnya. Berat ornamen yang dibangun dengan dana sebesar Rp 4,4 miliar tersebut mencapai berat sekitar 18 ton.


Kondisi inilah yang memunculkan berbagai spekulasi dari masyarakat sekitar maupun wisatawan yang berunjung.
Dari masyarakat sekitar sendiri menilai bahwa pembongkaran yang dilakukan pemerintah adalah upaya yang sia-sia dan hanya menambah berat beban yang di topang oleh kontruksi jembatan. Diduga adanya retakan di badan jembatan akibat konstruksi jembatan tak kuat menahan tambahan beban dari penambahan ornament.


Jika dilihat dari segi ekonomi pembangunan jembatan Semanggi ini tidak terlalu berpengaruh terhadap penghasilan masyarakat sekitar akan tetapi juga digunakan sebagian warga dari desa maupun dari luar kota untuk tempat berlibur, terkadang juga digunakan tempat istirahat oleh mahasiswa.


Setelah pemugaran ini, jembatan menjadi lebih menarik. Untuk segi kebersihan dari jembatan ini cukup bersih karena memang ada petugas kebersihan dari pemerintah daerah yang rutin membersihkan area Semanggi. Tetapi meskipun seperti itu banyak kalangan muda yang nongkrong dan membuang sampahnya sembarangan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password