PSSI Tidak Digabungkan dengan Fakultas Teknik

Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D., Ketua Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember. (BINARY/Fitri Febriyanti)

Penulis : Retno Dwi Cahyati

“Tidak, itu hanya rumor saja.” begitulah tuturan singkat dari Ketua Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Universitas Jember, Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D., mengenai rumor PSSI yang akan digabungkan dengan Fakultas Teknik. Rumor yang sempat menjadi trending topic di kalangan mahasiswa PSSI itu kini telah terjawab. Ya, berita tersebut hanya sebuah rumor. Menurut beliau, rumor tersebut muncul karena jumlah mahasiswa PSSI yang kurang dari 700, sehingga menimbulkan isu bahwa PSSI akan digabungkan dengan Fakultas Teknik.

Sebuah program studi baru akan dibentuk pada tahun ajaran 2016, yakni Program Studi Teknologi Informasi. Menurut beliau, jika memang kurikulum-kurikulum yang dimiliki lebih baik dan mampu menjadi program studi yang baik, maka pada awal tahun 2017 akan menjadi Fakultas Ilmu Komputer yang nantinya akan menaungi Program Studi Sistem Informasi dan Program Studi Teknologi Informasi. “Untuk masalah gedung, sementara PSSI tetap berada di gedung lama namun kemungkinan akan ada gedung baru untuk Fakultas Ilmu Komputer ini. Namun untuk lokasi pastinya belum pasti diketahui.” ujar Prof. Slamin.

Seperti yang tercantum pada buku Laporan Tahunan Rektor 2015, tepatnya pada halaman 51 alenia pertama yang berbunyi, “Sedangkan Program Studi Sistem Informasi akan ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Ilmu Komputer pada tahun 2016, mengingat kesiapan peningkatan status terkait juga dengan jumlah pendidik, peserta didik, dan program studi. Persyaratan tersebut akan dapat dipenuhi pada tahun 2016, karena penambahan Program Studi Teknologi Informasi yang ijin penyelenggaraannya telah turun, akan di ikuti oleh jumlah mahasiswa dan tenaga pendidik yang diharapkan dapat memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan.” Jadi, sudah dapat dipastikan akan ada Fakultas Ilmu Komputer melalui keputusan rektor pada buku tersebut. Untuk mewujudkannya, tentu tidak memakan waktu yang singkat. Pengajuan menjadi sebuah fakultas tersebut masih harus melalui tahapan evaluasi. Jika memenuhi dan disetujui, maka pada awal tahun 2017 akan berbentuk sebuah fakultas.

Cover Buku Laporan Tahunan Rektor 2015. (BINARY/Retno Dwi Cahyati)
Cover Buku Laporan Tahunan Rektor 2015. (BINARY/Retno Dwi Cahyati)
Penjelasan mengenai Fakultas Ilmu Komputer dari Laporan Tahunan Rektor 2015. (BINARY/Retno Dwi Cahyati)
Penjelasan mengenai Fakultas Ilmu Komputer dari Laporan Tahunan Rektor 2015. (BINARY/Retno Dwi Cahyati)

Dengan adanya proses akreditasi yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, yaitu dengan datangnya tim asessor dari IPB dan UI, diharapkan nantinya PSSI akan menjadi program studi yang lebih baik lagi guna mendapatkan lulusan yang profesional dan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Secara tidak langsung, dengan hasil akreditasi yang nantinya akan didapatkan oleh PSSI, akan mendukung program studi ini untuk mampu menjadi sebuah Fakultas dengan adanya program studi baru di tahun 2016.

Meskipun akan menjadi sebuah fakultas, sistem pembelajaran tidak akan berubah. Hanya akan mengalami perbaikan guna menjadikan kurikulum-kurikulum menjadi lebih baik lagi dan matched dengan apa yang di butuhkan di pasar.

Dan untuk mahasiswa PSSI, jangan takut lagi dengan rumor tidak bergelar S.Kom ya? []

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password