Hepatitis A bukan penyakit mematikan


Hepatitis adalah penyakit peradangan organ hati yang disebabkan oleh suatu virus. Terdapat banyak macam jenis hepatitis yaitu A, B, C, D, hingga E. Dimana, semua macam jenis tersebut memiliki penyebab dan proses inveksi yang berbeda.
Hepatitis A, merupakan salah satu penyakit umum bagi kalangan mahasiswa. Menurut data Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, sebanyak 31%, penderita hepatitis berasal dari Puskesmas Kecamatan Sumbersari dan mengalami peningkatan dari minggu ke minggu. Penyakit hepatitis memiliki masa inkubasi virus mulai dari 10-50 hari, selama masa inkubasi tersebut tubuh penderita akan mengalami gejala seperti : demam, nafsu makan berkurang, nyeri perut, dan warna urine menyerupai teh.
Virus hepatitis sangat mudah menular, penderita sudah mampu menularkan virus saat 14 hari dihitung dari virus masuk. Penularan hepatitis A langsung melalui oral (mulut), oleh karena itu saat makan sesuatu pastikan kondisi tangan dan alat makan sudah bersih. Untuk terhindar dari penyakit hepatitis : , menjaga kebersihan diri dan lingkungan dengan cara, cuci tangan sebelum dan sesudah makan ataupun buang air besar, hindari penggunaan alat makan secara bersamaan.
Sebenarnya, penyakit hepatitis A dapat sembuh dengan sendirinya apabila penderita tetap menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Nur Laily Muhimmatul Ifadah1 Posts

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password