TIM ODS DARI MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS JEMBER BERHASIL LOLOS BABAK FINAL GEMASTIK 11

Tim ODS (Dari Kiri) Bratasena Anggabayu Bhirawa Y, Moh. Basirudin , Ludfi Ika Purwantini, Vian Elfada, dan Mochammad Zulfarulhaq Aleq (Foto: Oryza/Binary)

Salah satu tim mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Jember (UJ) lolos babak final mewakili Universitas Jember dalam ajang Gemastik 11 yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2018, bertempat di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Gemastik atau Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2018 merupakan program yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik, sehingga peserta mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tim One Defensive Step (ODS) yang diketuai oleh Ludfi Ika Pratiwi memiliki arti “Setiap langkah terberat yang mereka lalui mencoba untuk tetap bertahan”. Awal mula tim mereka terbentuk bernama Tim Zetho yang hanya beranggotakan 3 orang yaitu Ludfi Ika Purwantini, Vian Elfada, dan Umroh Makhmudah karena ingin ikut serta pada lomba ISIC 2018 yang diadakan oleh HIMASIF Universitas Jember. Lomba ISIC sendiri pertama kali diadakan oleh HIMASIF pada tahun 2017 yang bertujuan untuk berkompetisi ide kreatif mahasiswa antar Fakultas dan diharapkan dapat ikut serta pada Gemastik. Tim Zetho mengumpulkan karya mereka dengan judul “BUANG.IN” yang dicetus pertama kali oleh Ludfi lalu dikembangkan oleh Vian dan Umroh. Tim Zetho berencana ingin melanjutkan karya mereka untuk diteruskan pada Gemastik dan berganti nama tim menjadi ODS yang beranggotakan 5 orang.

BUANG.IN merupakan aplikasi berbasis mobile yang akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengumpulkan sampah yang dapat di daur ulang, kemudian diserahkan ke bank sampah. Tim ODS bermitra dengan Bank Sampah “Ibu” yang berlokasi di Taman Gading Kota Jember yang sudah terdaftar pada sistem untuk prosesnya. Setiap sampah yang dikumpulkan ke Bank Sampah yang bermitra dengan BUANG.IN secara otomatis aplikasi akan memberikan poin kepada volunteer. Poin tersebut dapat ditukarkan dengan produk yang dijual oleh mitra UMKM yang telah bekerja sama. Tim ODS berhasil menggandeng Seblak Abah sebagai mitra UMKM saat ini.

Latar belakang mereka mengangkat ide ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat saat ini terhadap sampah yang berserakan di sekitar kita. Tim ODS berharap aplikasi mereka dapat berguna untuk menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan dan membuat pemikiran masyarakat terhadap sampah berubah. Mitra UMKM yang menjadi target Tim ODS untuk diajak bekerja sama adalah mitra yang mau ikut andil dalam menciptakan lingkungan bebas sampah tanpa mencari keuntungan berupa dana.

Harapan Tim ODS untuk mahasiswa Fasilkom Universitas Jember terutama para angkatan muda, untuk berani mencoba hal-hal baru yang mungkin menurut kita tidak mungkin. Karena pada dasarnya tiap mahasiswa adalah sama, meskipun kemampuan tiap orang berbeda namun mereka melakukannya dari nol. “Seringlah berkumpul dengan orang yang menurut kalian hebat, karena tanpa kalian ketahui teman bisa juga menjadi salah satu keberanian kalian dalam memunculkan kemampuan yang terpendam”, ungkap Ludfi. Selain itu Tim ODS berkeinginan mahasiswa angkatan muda Fasilkom untuk lebih bersemangat dalam mengharumkan nama fakultas dan almamater kita dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan positif. []

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password