Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Raih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Jember

Umroh Makhmudah (kiri) ketika diwawancarai di Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). (Foto : Oryza/Binary)

Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) memenangkan Juara 1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) Tahun 2018 Tingkat Universitas Jember (UJ). Pada tanggal 28 Maret 2018, Umroh Makhmudah, mahasiswa angkatan 2015 Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Fasilkom berhasil meraih predikat Juara 1 Mahasiswa Berprestasi. PILMAPRES tingkat perguruan tinggi merupakan seleksi untuk memilih mahasiswa terbaik yang akan bertanding pada PILMAPRES tingkat nasional.

Umroh mengakui keikutsertaannya dalam seleksi PILMAPRES tingkat fakultas awalnya hanya memenuhi kewajiban karena namanya terdapat pada daftar wajib yang harus mengikuti seleksi. Daftar wajib yang diinformasikan melalui grup tertutup Keluarga Fakultas Ilmu Komputer di media sosial facebook merupakan daftar mahasiswa penerima bidik misi yang memenuhi syarat peserta PILMAPRES. Umroh mengumpulkan karya tulis ilmiah dengan judul ‘SINERGI.IN Berbasis Supply Chain Management System Sebagai Media Peningkatan Kesejahteraan Pengrajin Dalam Industri Kreatif Kerajinan’.

Setelah dinyatakan sebagai Juara 1 dalam seleksi PILMAPRES Tingkat Fakultas, Umroh mendapatkan bimbingan dan pembinaan dalam hal kepenulisan untuk siap bertanding di Tingkat perguruan tinggi. Umroh mengikuti rangkaian tes dalam seleksi PILMARES Tingkat Universitas Jember dari psikotes, focus group discussion, presentasi karya tulis ilmiah yang dikumpulkan hingga presentasi topik SDGs (Suistainable Development Goals) yang dipilih secara acak, yang di laksanakan pada tanggal 16 dan 19 Maret 2018, sebelum dinyatakan sebagai mahasiswa berprestasi.

Kedepannya Umroh berharap mahasiswa Fasilkom bisa lebih aktif  mengikuti lomba-lomba atau komunitas, walaupun tujuannya tidak mendapatkan juara terlebih dulu, yang paling penting yakni keikutsertaanya. “ Kalau udah ikut pasti ketagihan , jadi ya dirasakan dulu, jangan takut mencoba,” ungkap Umroh. Selain itu Umroh menekankan bahwa mahasiswa itu harus peka terhadap lingkungan sekitar, tujuannya yakni sebagai agent of change. []

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password