KPMP-BK Gandeng Reog dalam Aksi Galang Dana Peduli Longsor Ponorogo

Penampilan Reog Ponorogo dalam Aksi Galang Dana Peduli Longsor Ponorogo di Double way Universitas Jember. (Foto: KPMP-BK/Khoirul Anam)

Minggu (2/4), Keluarga Pelajar Mahasiswa Ponorogo – Bathoro Katong (KPMP-BK) Jember, mengadakan aksi galang dana untuk korban bencana tanah longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4) pagi.

Aksi itu mereka lakukan dengan cara menyodorkan kotak kardus saat Car Free Day (CFD) di Alun-alun kota Jember. Lalu dilanjutkan dengan berkeliling di beberapa lampu merah. Puncak aksi dilakukan di Double Way Universitas Jember (UNEJ) dengan menampilkan tari tradisional khas Ponorogo, Reog.

Suasana Aksi Galang Dana Peduli Longsor Ponorogo saat di Lampu merah (Foto: KPMP-BK/Khoirul Anam)

“Sebenarnya jam 3 mulai, tapi hujan, jadi mundur jam setengah 5 (16.30 WIB),” ujar Sidiq Aryo Wicaksono, salah satu penggalang dana.

Pelaksanaan aksi tersebut bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Reog Sardulo Anorogo Unej. Beberapa paguyuban mahasiswa, seperti Keluarga Mahasiswa Panataran Blitar di Jember (KEMAPATA), Ikatan Keluarga Mahasiswa Jombang Jember (IKMJJ), dan Ikatan Mahasiswa Madiun di Jember (IKAPEMMA) juga turut membantu penggalangan dana.

Danang Aditiya M, Ketua Umum KPMP-BK, juga menjelaskan, beberapa Paguyuban Mahasiswa Ponorogo di berbagai kota serentak mengadakan galang dana.

“Tadi ada juga Mahasiswa Ponorogo di Surabaya, Malang, Ponorogo sendiri, Bandung, Bogor, Jakarta, (dan) Jogja. Tapi cara tiap paguyuban beda. Kita dengan cara memperkenalkan Kesenian Reog,” ucap Danang.

Dari serangkaian kegiatan yang dimulai pukul 05.30 – 20.00 WIB, telah terkumpul dana sebesar Rp. 5.439.400,-. Dana tersebut rencananya akan disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ponorogo.

“Rencananya  besok diadakan lagi jam 15.00 WIB, tapi belum pasti. Ada group Reog yang datang membantu, dari Ambulu insya’allah,” kata Danang. []

Reporter: Farus Triwahyuni N dan Khaira Ummah Junaedi Putri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password