Debat Calon Ketua BEM Program Ilmu Komputer Periode 2016/2017, Penutup Masa Kampanye

Tiga kandidat ketua BEM Program Ilmu Komputer periode 2016/2017 (Sumber foto : https://www.instagram.com/bpmpssiuj)

VOC (Voice of Change) merupakan sebuah kepanitian yang terbentuk sebagai penyelenggara dalam pelaksanaan pemungutan suara di PSSI Universitas Jember setiap tahunnya. Pemungutan suara yang dilakukan meliputi pemilihan ketua HIMASIF (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) dan pemilihan ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). VOC merangkul semua angkatan di PSSI untuk berpartisapi di dalamnya.

18 November 2016 tepatnya pukul 19.00 WIB telah dilakukan debat calon ketua BEM yang bertempat di Aula PSSI Universitas Jember, yang dipimpin Yuca Akbar M selaku moderator acara. Debat kali ini dibagi dalam 2 sesi, yaitu sesi tanya jawab dari moderator dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh audience. Masing-masing kandidiat, Moch. Rifqiy Rajihudin, Galuh Kusumastuti, dan Edwin Octavian Mahendra diberikan waktu dan kesempatan yang sama untuk menjawab dan menyanggah pertanyaan maupun jawaban dari moderator maupun audience.

Debat calon ketua BEM ini dilaksanakan sebagai penutupan masa kampenye setiap kandidat sebelum pemungutan suara dilakukan. “Orasi ini nantinya akan dijadikan tolak ukur untuk memilih calon kandidat mana yang layak memimpin PSSI dan PSTI ini melalui apa yang telah disampaikan dalam setiap sesi.” Ungkap M.Fathcur Rozi

Pada sesi pertama setiap kandidat calon ketua BEM diberikan pertanyaan oleh moderator dan diberikan waktu untuk menjawab dan kandidat lain boleh memberikan sanggahan atau pendapat dari kandidat tersebut begitupun untuk kandidat lainnya. Pada sesi ini moderator juga memiliki hak untuk menanyakan hal-hal yang dianggap mengganjal. Selanjutnya pada sesi kedua yaitu tanya jawab audience. Pada sesi kali ini pertanyaan yang diajukan untuk kandidat berasal dari audience yang datang. Sama halnya pada sesi pertama, sesi kedua ini kandidat diberikan waktu yang sama dan hak yang sama untuk saling menyanggah jawaban dari kandidat lainnya. Audience yang bertanya bisa memberikan sanggahan pula untuk kandidat yang menjawab.

Setiap kandidat memiliki tim sukses yang turut hadir dalam acara tersebut yang menambah suasana ramai dalam ruangan. Suasana tegang seolah terhapus oleh ramenya tim sukses yang berteriak menyemangati kandidat yang diyakininnya. Acara berakhir dengan tertib tanpa ada kerusuhan yang terjadi antar pendukung.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password