Tempo Satu Bulan, Beberapa Kemenangan Lomba Diraih Mahasiswa PSSI

(Dari kiri) Leni Ika Safitri (Ketua Panitia), Dias Novsa Pradana (perwakilan Meili Novi,pemeran wanita terbaik), Marsyal Ulwan (pemeran pria terbaik), dan Pratiwi Nurullaili (Ketua Umum LPMKM Sinvesta). (Foto: Panitia/LPMKM Sinvesta)

Dalam satu bulan, beberapa mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (PSSI) Universitas Jember (UJ) berhasil memenangkan beberapa perlombaan. Kabar kemenangan terakhir berasal dari salah satu tim yang terdiri dari tiga mahasiswa PSSI dalam Festival Film – “Iklan Layanan Masyarakat” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (LPMKM) Sinvesta, Fakultas Kesehatan Masyarakat UJ, yang diumumkan pada tanggal 13 November. Juara I diraih oleh mahasiswa PSSI, yaitu Dias Novsa Pradana, Edwin Oktavian Mahendra, dan Andre Hardika yang merupakan satu tim dalam pembuatan video berdurasi 4 menit 58 detik.

Video iklan layanan masyarakat tersebut mengangkat tema “Narkoba”, menceritakan tentang seorang perempuan introver, yang memiliki orang tua yang selalu bertengkar dan kurang memberi perhatian kepada anaknya. Anak perempuan tersebut memiliki keinginan besar untuk bergaul bersama teman-teman lainnya, hingga akhirnya perempuan tersebut terjerumus ke dalam pergaulan yang salah dan mengonsumsi narkoba. Perempuan tersebut akhirnya meninggal.

Pemeran utama dalam video tersebut yaitu mahasiswa PSSI bernama Meili Noni Arfianti. Beberapa mahasiswa PSSI lainnya ikut serta memainkan beberapa peran. Pembuatan video tersebut menjumpai beberapa kendala, diantaranya yaitu estimasi video yang melebihi batas maksimal durasi, sehingga banyak take yang dipotong atau tidak terpakai.

Edwin Octavian Mahendra, Dias Novsa Pradana, dan Andre Hardika; mahasiswa PSSI yang meraih juara I dalam Festival Film - Iklan Layanan Masyarakat yang diadakan LPMKM Sinvesta Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. (Foto: Panitia/LPMKM Sinvesta)
Edwin Octavian Mahendra, Dias Novsa Pradana, dan Andre Hardika; mahasiswa PSSI yang meraih juara I dalam Festival Film – Iklan Layanan Masyarakat yang diadakan LPMKM Sinvesta Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember. (Foto: Panitia/LPMKM Sinvesta)

Dias mengakui, menjadi juara I dalam Festival Film – “Iklan Layanan Masyarakat” tersebut menjadi kebanggaan sendiri bagi timnya. “Masih pengen ikut lomba yang berbau videografi, lebih banyak lagi. Kita pengen kedepannya biar PSSI tidak hanya stacked pada hal yang berbau programming dan desain sistem saja,” tutur Dias.

Penghargaan tidak hanya ditujukan kepada pembuat film pendek tersebut, tapi juga pemeran-pemeran yang berasal dari mahasiswa PSSI. Seperti yang telah diumumkan di grup HIMASIF (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi), mahasiswa PSSI lainnya seperti Meili Noni Arfianti mendapatkan penghargaan sebagai pemeran wanita terbaik dan Marsyal Ulwan sebagai pemain pria terbaik dalam video iklan layanan masyarakatnya.

Kemenangan lomba lainnya ditorehkan oleh Muhammad Alif Rifky Firdaus sebagai juara I dan Oryza Kusuma Dewi sebagai juara II dalam World Pharmacists Day – Poster Competition yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Farmasi (LPMF) Lingkar, Fakultas Farmasi, Universitas Jember. Lomba desain poster tersebut bertema DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang), sebuah slogan yang diperkenalkan IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) dengan tujuan memberikan informasi masyarakat tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuat obat dengan cara yang benar. Acara final perlombaan tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2016, bertempat di Fakultas Farmasi UJ.

Muhammad Alif Rifky Firdaus sebagai juara I dan panitia Kompetisi Poster DAGUSIBU Fakultas Farmasi Universitas Jember. (Foto: panitia/LPMF Lingkar)
Muhammad Alif Rifky Firdaus sebagai juara I dan panitia Kompetisi Poster DAGUSIBU Fakultas Farmasi Universitas Jember. (Foto: panitia/LPMF Lingkar)

“Sebenarnya saya gampang grogi jika bicara di depan banyak orang, dan waktu itu saya ingin mengajak teman saya. Tapi dia berhalangan hadir, jadi saya memprersentasikan karya desainnya sendiri. Dan alhamdulillah lancar tanpa ada hambatan,” kata Oryza yang juga merupakan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa – Pers (UKM-P) Binary PSSI tersebut ketika ditanyai tentang hambatan dalam mengikuti perlombaan tersebut.

Oryza Kusuma Dewi sebagai juara II dan panitia Kompetisi Poster DAGUSIBU Fakultas Farmasi Universitas Jember. (Foto: panitia/LPMF Lingkar)
Oryza Kusuma Dewi sebagai juara II dan panitia Kompetisi Poster DAGUSIBU Fakultas Farmasi Universitas Jember. (Foto: panitia/LPMF Lingkar)

Kemenangan lomba mahasiswa PSSI lainnya yaitu dalam kompetisi menyanyi kategori dangdut yang menjadi salah satu rangkaian acara Dies Natalis Universitas Jember yang ke-52. Kompetisi tersebut diraih oleh Mei Zahrotul Jannah sebagai juara II. Mei menyanyikan lagu dari Rita Sugiarto yang berjudul “Pacar Dunia Akhirat”. Lomba tersebut diadakan di gedung rektorat lantai III, pada minggu kedua November 2016. Mei menuturkan bahwa ia sempat tidak menyangka akan membawa kebanggaan untuk dirinya sendiri dan nama jurusannya atas prestasinya. []

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password